Olimpiade Matematika Tingkat TK dan Strateginya

olimpiade matematika tingkat tk

Olimpiade Matematika Tingkat TK dan Strateginya – Jaman now ini memang keren ya. Dulu yang bisa melakukan atau adu kecerdasan di ajang Olimpiade Matematika atau lomba Matematika itu paling tidak mulai kelas 4 SD. Tapi sekarang ada lho Olimpiade Matematika Tingkat TK. Keren kan? Tapi masalahnya adalah anak usia taman kanak kanak memang butuh pendampingan ekstra. Sebab tidak banyak soal atau contoh soal Olimpiade Matematika untuk anak TK yang beredar di Indonesia. Yang banyak adalah soal-soal Olimpiade Matematika tingkat sma dan perguruan tinggi. Atau paling tidak ada contoh soal untuk Olimpiade Matematika SD tahun 2018, SD tahun 2019, SMP tahun 2019 atau tingkat kecamatan dan kabupaten tahun 2018 atau 2019. Itu adalah soal atau contoh soal Olimpiade Matematika yang ada dan beredar saat ini. Sulit sekali mencari buku panduan Olimpiade Matematika Tingkat Taman Kanak Kanak. Mengapa bisa demikian?

 

Apa yang Perlu diperhatikan dalam Olimpiade Matematika?

Nah, bagi Anda para orangtua yang memiliki anak masih duduk di bangku TK atau Taman Kanak Kanak, daripada waktu dihabiskan untuk mencari soal dan contoh – contoh soal Olimpiade Matematika tingkat TK sebaiknya Anda mempersiapkan anak Anda dengan melatih sendiri anak Anda.

Melatih anak TK dengan soal – soal Olimpiade Matematika tingkat TK tidak dilarang. Asalkan Anda mematuhi rambu-rambu dalam pendidikan anak usia Taman Kanak Kanak. Sebab anak dalam usia seperti ini akal pikirnya belum berkembang dengan optimal.

Namun tentunya hal ini tidak menyurutkan para orangtua untuk mengikutsertakan anak-anaknya dalam ajang bergengsi Olimpiade Matematika. Rambu-rambu yang harus Anda patuhi adalah: Jangan Memaksa Anak untuk mengikuti ajang ini jika anak menunjukkan kurang minat pada Matematika Dasar.

olimpiade matematika tk

Memaksa anak mengikuti ajang atau lomba semacam Olimpiade Matematika hanya untuk gengsi atau menuruti kemauan orangtua, bakal menurunkan minat anak pada Matematika di jenjang pendidikan selanjutnya. Hal ini berlaku umum, tidak hanya untuk Matematika. Tapi juga untuk pelajaran lainnya.

Pastikan anak Anda sudah memahami dasar – dasar Matematika sebelum Anda mengikutsertakan dalam ajang atau lomba Matematika. Apalagi ajang Olimpiade Matematika Tingkat TK.

Solusi Kesulitan Olimpiade Matematika Tingkat TK

Pahami Matematika Dasar dari 2 sisi. Yaitu Matematika Non Baku dan Matematika Baku. Matematika Non Baku mempelajari Matematika bukan dari segi angka dan perhitungan atau proses hitung. Hindarkan proses hitung di awal belajar. Tapi ajarkanlah anak Anda Matematika Non Baku seperti membandingkan benda yang besar dan kecil. Membandingkan tinggi dan rendah. Membandingkan berat dan ringan. Mengkonversi volume air dalam ember ke dalam ukuran gelas, dan sebagainya.

juara olimpiade matematika tk

Jadi hindarilah proses berhitung diawal Anda mengenalkan Matematika kepada anak Anda di Taman Kanak Kanak. Memberikan pengenalan angka, bilangan dan lambang bilangan lakukanlah setelah anak memahami Matematika Non Baku sampai tuntas. Setelah itu baru lakukan pengenalan pada Nilai Tempat. Anda juga bisa pelajari contoh soal Olimpiade Matematika tingkat SD tahun 2018 disini.

Sejak tahun 2000 saya mengembangkan model pembelajaran Matematika untuk anak TK – B atau Taman Kanak Kanak kelas B. Model pembelajaran Matematika ini saya namakan Matematika Ajaib. Kok ajaib? Memang dimananya yang ajaib? Anda akan tau dan membuktikan keajaiban Matematika ini setelah Anda pelajari teknik ini.

Bagaimana tidak dibilang ajaib jika berbekal menghitung hingga bilangan 20 saja, maka anak Anda bisa melakukan perhitungan sebesar apapun bilangannya. Sampai bilangan tak terhingga jika Anda mampu mendampingi anak Anda setiap saat. Maka dari itu saya menyebutnya Matematika Ajaib.

Dalam Matematika Ajaib anak TK atau SD dilatih untuk mengutamakan logika untuk berhitung. Setelah itu barulah mereka belajar ketrampilan berhitungnya. Model pembelajaran ini sangat cocok jika anak Anda direncanakan untuk mengikuti lomba matematika atau bahkan Olimpiade Matematika Tingkat TK.

Jadi, meski buku-buku kumpulan soal atau contoh soal Olimpiade Matematika Tingkat TK jarang ditemukan di toko buku, tapi Anda bisa menyiapkan pembelajaran dan latihan logika Matematika bersama anak Anda. Insyaa Allah jika sudah menguasai teknik Matematika Ajaib ini anak Anda siap mengikuti lomba atau bahkan Olimpiade Matematika.

Model pembelajaran ini saya sajikan dalam format video tutorial sehingga Anda tinggal menonton dan memahaminya. Jika harus praktek maka ajaklah anak Anda praktek. Tidak harus membaca buku yang melelahkan mata J

Model pembelajaran Matematika Ajaib sudah banyak digunakan untuk anak TK atau SD di kelas 1 dan kelas 2. Pembelajaran Matematika Ajaib ini bisa Anda selesaikan dalam 3 bulan atau kurang. Tergantung dari kesiapan Anda mendampingi anak-anak Anda belajar Matematika Dasar di rumah.

Siapkan anak Anda untuk mengikuti lomba Matematika atau bahkan Olimpiade Matematika Tingkat TK. Pelajari konsep dasarnya, latihan soal sesering mungkin, berikan contoh soal yang bervariasi, serta ajari logika Matematika sedini mungkin.

Silahkan Anda klik link berikut untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa dan bagaimana Matematika Ajaib ini membantu anak Anda memahami konsep dasar Matematika.

Pengunjung Juga Mencari:

  • soal matematika tingkat TK
  • Contoh soal olimpiade matematika TK
  • contoh trial olimpiade matematika tk

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*